google-site-verification: googlea2d5528cecd4a662.html Cara-cara: 10 Cara Bertahan Hidup Saat Menganggur

Sabtu, 28 Mei 2011

10 Cara Bertahan Hidup Saat Menganggur

1. Potonglah pengeluaran anda sebesar mungkin. Sekarang adalah waktunya untuk bertindak 'kejam' terhadap hal-hal yang anda anggap betul-betul tidak dibutuhkan. Anda harus memotong pengeluaran sebesar mungkin. Akan menjadi hal yang menakutkan jika setelah beberapa bulan anda dipecat, anda mendapati diri anda tidak bisa membayar tagihan listrik anda hanya karena anda tidak bisa memotong kebiasaan minum anda di Starbuck.

2. Mulailah membayar cicilan minimum hutang anda. Bayarkan uang anda untuk membayar cicilan di atas tagihan minimum dan mulailah membuat dana darurat.

3. Hitung pengeluaran minimum bulanan anda. Bagian ini sangat penting. Anda harus tahu seberapa banyak uang yang anda butuhkan setiap bulan untuk bisa bertahan hidup. Setelah anda potong maka jumlahnya harus lebih rendah dibandingkan pengeluaran bulanan anda sekarang. Jika tidak maka coba potong lagi! Tujuan di sini adalah mencari tahu berapa pendapatan minimum yang anda butuhkan untuk bisa bertahan hidup dan mencari tahu berapa pengeluaran minimum tiap bulan.

4. Mulailah mengisi dana darurat anda sebisa mungkin. Jika itu berarti menjual barang-barang, kerja paruh waktu atau cara lain untuk mendapatkan uang maka lakukan. Anda perlu mendapatkan uang untuk menabung.

5. Mulailah mencari pekerjaan sesegera mungkin. Manfaat pertama jika anda mendapatkan pekerjaan adalah masalah bertahan hidup anda akan menjadi jauh lebih mudah. Semakin cepat anda mencari pekerjaan maka semakin cepat anda akan mendapatkan uang. Manfaat kedua adalah anda kompetisi untuk peluang bisa diterima bekerja akan jauh lebih mudah.

6. Bertanyalah kepada teman anda. Saya kenal seorang akuntan yang mengiriman email kepada semua orang yang ia tahu, dan menjelaskan bahwa ia di-PHK dan bertanya jenis pekerjaan apa yang cocok baginya. Ia kemudian ditawarkan pekerjaan oleh temannya dan ia sekarang bisa membawa keluarganya ke restotan mahal. Ya, bukan ide yang jelek.

7. Jangan mendendam. Adalah normal untuk merasakan dendam atau kebencian, tetapi membakar rumah bukanlah ide yang bagus. Saya memperhatikan bahwa banyak orang bekerja di perusahaan di mana sebelumnya ia bekerja, hanya berbeda departemen saja. Anda tidak akan tahun kapan anda bisa dipanggil lagi bekerja di perusahaan yang sebelumnya memberhentikan anda.

8. Jangan habiskan uang pesangon anda. Saya terkejut mendengar salah satu kawan kerja saya menghabiskan uangnya untuk membeli mobil dan membuat kolam renang, meskipun ia belum mendapatkan pekerjaan baru. Saya berkata serius, bahwa itu adalah ide yang sangat buruk. Lebih baik simpan uang anda dalam investasi bank yang berbunga tinggi.

9. Cari tahu kapan uang pesangon anda akan habis. Setelah anda menyelesaikan tugas #1 maka anda seharusnya bisa berharap uang pesangon anda bisa bertahan lebih lama. Setelah anda mencari tahu pengeluaran #3, maka tambahkan uang pesangon dan dana darurat lalu bagi dengan pengeluaran minimum anda. Ini bisa memberitahu anda, berapa bulan uang anda akan habis. Ini memberi anda jadwal yang pasti kapan seharusnya anda bisa mulai mencari kerja.

10. Pertimbangkan mencari pekerjaan yang bayarannya rendah. Beberapa orang tidak ingin mengorbankan pendapatannya, sehingga mereka tetap terus mencari pekerjaan tanpa ada pendapatan setiap tahun atau lebih, hingga memperoleh pekerjaan dengan gaji yang mereka inginkan. Sacara pribadi, saya ingin mengatakan bahwa anda seharusnya bekerja apapun supaya uang bisa datang.

1 komentar: